Rabu, 17 Mei 2017

Mengenal Permainan Jaman Dulu Yang Terlupakan!

Di era modern ini, mungkin kita akan sangat sulit sekali menemukan dan melihat anak yang bermain dengan permainan tradisional seperti kelereng, congklak, ular tangga dan jenis Mainan Anak Jaman Dulu yang memang sudah punah di telan oleh kemajuan jaman atau teknologi sekarang ini. Anak sekarang ini lebih memilih duduk di depan komputer dan menghabiskan waktu mereka untuk bermain game online maupun game offline yang ada di aplikasi handphone mereka masing masing.

Mengenal Permainan Jaman Dulu Yang Terlupakan!
Sehingga, rasa sosislisasi anak sekarang ini sangat memprihatinkan. Karena mereka asik sendiri dengan gadget yang mereka punya dan bahkan seakan-akan telah tenggelam di dalam dunia game permainan yang mereka mainkan, ketika di di panggil pun mereka cenderung akan mengabaikan panggilan tersebut dan terus asik bermain. Ada banyak permainan jaman dulu yang terlupakan, yang mana sebenarnya permainan jaman dulu tersebut bisa menjadi bahan edukasi atau bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak tanpa harus ada resiko dari permainan yang di timbulkan. Seperti congklak, main ular tangga contohnya, dalam hal ini si anak akan dengan sendirinya mampu berhitung.

Secara tak langsung, permainan-permainan tersebut mampu mengajarkan beberapa ilmu pelajaran yang mungkin susah bagi si anak untuk menyerapnya di sekolah. Mainan tersebut juga akan merangsang kreatifitas, dan juga membangkitkan sifat sosialisasinya.

Dibandingkan dengan permainan atau mainan jaman sekarang yang serba digital, membuat siapa saja seolah pasif dengan dunia luar. Permainan yang ada di dalam gadget tersebut malah membuat anak tidak dapat mengembangkan kreatifitasnya, karena si anak hanya perlu mengikuti perintah yang ada. Masalah lain adalah sikap pasif yang ditimbulkan. Dan bahkan ada banyak jenis permainan di gadget yang justru mengajarkan anak untuk melakukan tindak kekerasan atau kejahatan. Sehingga, sebagai orang tua kita harus tahu permainan apa yang anak mainkan dan jangan perbolehkan anak untuk memainkan permainan yang merangsang otak anak untuk melakukan tindak kejahatan/kekerasan.

Oleh karena itu, ada baiknya anda memilih permainan anak untuk si buah hati Anda. Dan pilihlah mainan jaman dulu yang mana lebih aman dan ampuh mengajarkan anak berbagai macam hal, seperti mengenal warna, menghitung, mengenal bentu, menumbukan kreatifitas anak, menumbuhkan rasa sosialisasi dan lainnya. Bagaimana menurut Anda? Bukankah sudah seharusnya permainan tradisional yang termasuk budaya lokal ini dilestarikan dan diajari pada anak-anak sekarang?

Berikan pendapat Anda di Komentar!!

Jumat, 12 Mei 2017

Inilah 10 Mainan Anak Jaman Dulu Yang Akan Membuat Anda Kangen Masa Kecil Dulu!

Ada banyak jenis mainan atau permainan anak jaman dulu yang sekarang sudah terlupakan oleh anak-anak di era modern ini, dan mungkin bagi kalian yang lahir pada tahun 80-90an kalau melihat jenis permainan jaman dulu di bawah ini, saya pastikan Anda akan mengingat kembali saat anda masih kecil dulu. Karena memang, anak jaman dulu itu mainannya semua serba tradisional, namun lebih asik dari pada sekedar main game via hp/gadget. Pasalnya, anak jaman dulu itu selalu bermain bersama dan banyak temennya, dan beda dengan anak sekarang yang hanya asik sendiri saja.

Apakah anda penasaran mainan apa yang sering di mainkan anak tempo dulu??". Berikut ini saya bagikan berbagai jenis mainan/permainan yang mungkin sering kali Anda mainkan dulu bersama teman-teman Anda. Dan tentunya, hal ini akan membuat anda kangen masa dulu kalian pada waktu kecil, karena memang, sekarang ini sangat jarang dan bahkan sudah tidak ada anak-anak yang memainkannya.

1. Gangsing Kayu.

Gangsing Kayu


Gangsing yang terbuat dari bahan baku kayu dan di beri potongan paku dan untuk memainkannya kita perlu melilitkan tali benang dan melemparkan ke tanah. Ini sangat menyenangkan sekali, dan bahkan dulu permainan ini banyak di gemari, tidak hanya satu atau dua anak saja dan juga bukan anak laki-laki saja, tapi anak perempuan pun banyak yang suka.

Mungkin, gangsing kayu juga pernah anda mainkan dulu??". Sambil tertawa menginat kenangan dulu waktu bermain gangsing, jawab dengan jujur yah kawan!

2. Anak yang jago yoyo itu keren lho.

Mainan Jaman Dulu Yang Masih Axiz


"Ya, yoyo juga termasuk mainan anak jaman dulu yang cukup tahan lama dan masih axis sampai sekarang ini, walaupun sudah modern, tapi main yoyo ini juga masih banyak di mainkan lho. Mainan yang terbuat dari kayu yang dan di ikat benang untuk memainkannya.

Memang, permainan ini cukup tradisional, namun mainan ini sangat populer bagi kalangan remaja, dulu maupun sekarang ini. Dan bahkan ada lomba yoyo juga kawan, keren bukan??".

3. Kelereng/Gundu Termasuk Mainan Kamu, Berarti masa kecil kamu bahagia.

Mainan Anak 90an


"Siapa sih yang gak kenal sama kelereng, tidak cuman anak laki-laki saja kawan, tapi kelereng juga banyak di mainkan para perempuan dulu lho. Jadi, tidak ada permainan yang khusus untuk cewek maupun cowok, semua permainan bisa di mainkan sama siapa saja.

Bisa dipastikan masa kecil kalian itu bahagia kalau anda juga pernah memainkan dulu. Karena, sekarang ini kelereng itu jarang sekali di mainkan dan biasanya hanya anak kecil saja, itu pun hanya musiman saja. Entah masih ada atau tidak anak di daerah kalian yang masih main kelereng.

4. Demi ngelihatin kapal-kapalan ini, kamu rela jongkok berjam-jam! Benarkah??".

Mainan Anak jaman dulu


Tok-kelotok-kelotok adalah bunyi khas yang dihasilkan dari kapal - kapalan bentuk kapal perang mainan ini, unik dan sangat menghibur. Walaupun hanya mutar-mutar saja di bak, tapi sangat menghibur sekali lho kawan. Mendekati peringatan hari 17 Agustus, biasanya semakin ramai pula yang menjual mainan satu ini. Ketika tuasnya sudah ditarik dan diletakkan di atas air, entah kenapa kamu jadi rela jongkok demi ngelihatin kapal-kapalan ini berputar-putar di baskom-mu. Sampai sekarangpun, ini masih jadi misteri.

5. Lompat Tali Karet Yang Mungkin Saja Membuat Kamu Jadi Jago Lompat Jarak Jauh Sekarang.

Mainan jaman dulu yang terlupakan


Karet yang saling di ikat atau di gandeng-gandeng, sehingga menjadi panjang dan bisa untuk di mainkan. "Memang, anak jaman dulu itu sangat kreatif sekali dalam bermain. Apapun dapat menjadi mainan yang mengasyikan, dan termasuk lompat karet ini. Laki-laki maupun perempuan sama saja, bisa main lompat karet. Namun, kebanyakan lompat karet ini di mainkan para cewek atau anak perempuan dulu.

Demi bisa main lompat tali, kamu rela beli karet gelang berbungkus-bungkus untuk dikaitkan sampai membentuk tali yang panjang. Selain berolah-raga, main ini juga buat kamu jadi jago lompat, dari yang tingginya hanya sedengkul saja sampai setinggi kepala. Kreatif deh pokoknya...

6. Sering Kena Marah Tetangga Saat Peluru Ketapel Mengenai Atap Rumah Tetangga, Kamu mungkin salah satunya?

Mainan Tradisional Anak Jaman Dulu 80an


Ketapel termasuk jenis permainan tradisional yang satu ini setidaknya pernah mengobati keinginanmu untuk main busur panah. Eits, nggak cuma itu aja. Untuk ukuran anak-anak, kalau dipikir-pikir ternyata kamu juga dulu cukup kreatif ya, untuk mencari ranting pohon yang cocok dijadikan ketapel andalanmu. Semoga aja dulu ketapelmu nggak dipakai untuk ngisengin nembak hewan atau buah punya tetangga ya, sehingga kamu jadi di marahin yang punya buah tersebut. Hehe, gokil deh kalau inget dulu main ketapel.

7. Gara-gara suka main bongkar pasang, sekarang kamu jadi stylish abisss.

mainan perempuan jaman dulu


Permainan anak perempuan jaman dulu atau tempo dulu dan di era 90an juga sudah ada. Mainan kaum perempuan yang ini memang nggak ada duanya. Nama jenis permainan ini disebut bongkar pasang, karena kamu bisa sesukamu membongkar beragam pakaian mainan yang kamu punya, lalu kamu pasangkan sesuai dengan yang kamu inginkan. Mungkin dari hobi main beginian, sekarang kamu jadi nggak susah kalau mau tampil stylish. Pasalnya dari dulu, kamu sudah belajar untuk mix & match pakaian karakter yang kamu mainkan di situ. Main rumah-rumahan dengan menggunakan bongkar pasang yang membuat kalan lupa waktu dan jadi di marahin sama orang tua ku, hayo ngaku saja!

8. Kalau udah sering menang di permainan yang satu ini, telapak tangan kamu pasti udah sakit sakti banget!

Permainan Anak Tempo Dulu


Ini adalah salah satu mainan yang bikin kalian lupa waktu. Jenis mainan yang satu ini emang paling kocak untuk dikenang. Gimana nggak, zaman dulu bisa-bisanya kita beranggapan telapak tangan lawan main kita itu sakti, kalau dia sering menang. Siapa yang dulu rela sampai telapak tanggannya merah demi memenangkan permainan ini ? Mungkin kalian juga pernah main gambar seperti itu, ngaku saja jangan malu-malu kucing hehe...

9. Dulu kamu nggak bisa dibilang kece kalau belum sempat tiup gelembung dengan aroma khas ini.

Mainan Bocah Jaman Dulu


Mungkin kalian juga pernah mainan ini, yaitu gelembung balon karet. Dan yang menarik dari gelembung balon karet ini yaitu, kita beli tapi ada hadiahnya lho, seperti lotre gitu, masih ingatkah kalian?? Ngaku saja !!

Gelembung balon karet berwujud semi cair ini pernah juga pernah merajai mainan di masa kejayaannya. Selain harganya yang ramah di kantong, balon ini juga bisa dibentuk menyerupai boneka atau sekedar ditiup untuk diterbangkan.

10. Layang-Layang Kertas.

Layang - Layang Kertas Permainan Anak Dulu


Anda mungkin salah satu orang yang, Rela Berlari-Lari dan berebutan Dengan Teman saat Ada layangan Putus Demi Mendapatkan Benang/layangan tersebut, benarkah demikian??". Padahal kita juga mampu beli hehe.

Layangan ini termasuk jenis permainan yang masih axis lho kawan, karena memang anak-anak sekarang juga suka dengan layang-layang, apalagi pas ada teman yang ngajakin sangkutan, layangan siapa yang putus maka dia kalah dan begitu sebaliknya. Bukan, hanya nak kecil saja, tapi anak remaja maupun orang dewasa juga suka dan hampir semua anak laki-laki tahu dan bisa menerbangkannya.

Anda juga bisa bagikan pada teman-teman kita, mainan yang asik dan seru yang dulu sering kalian mainkan melalui kotak komentar!

Jangan Lewatkan Artikel : Jauhkan Anak Dari Aneka Permainan Berbahaya.

Selasa, 02 Mei 2017

Jauhkan Anak Dari Aneka Mainan / Permainan Berbahaya, Inilah Alasannya!

Sebagai orang tua, kita tentunya di tuntut untuk selalu menjaga dan melindungi Anak kita sebaik mungkin. Menjaga, melindungi, menyayanginya merupakan hal yang harus anda lakukan pada putra-putri Anda sendiri, dan itu memang sudah menjadi tanggung jawab / kewajiban Anda sebagai orang tua. Memiliki Anak kecil yang memang masih dalam proses pertumbuhan itu mungkin terbilang hal yang berat, namun itulah orang tua. Seberat apapun, kita tetap harus bisa menjaga dan melindungi anak kita sendiri.

Mainan Anak


Tema kita pada kali ini yaitu "Menjauhkan Anak Dari Aneka Mainan/Permainan Yang Berbahaya Bagi Si Anak". Lalai dalam menjaga anak dapat mengakibatkan hal yang fatal nantinya. Sehingga Anda sebagai orang tua, harus tahu apa saja yang di lakukan Anak kita. Perlu Anda ketahui, bahwa anak kecil yang masih dalam proses pertumbuhan, rasa ingin tahu si Anak itu sangat besar. Jadi, sebagai orang tua harus bisa memberikan arahan atau menjelaskan hal-hal yang baik, buruk dan juga hal yang bisa membahayakan dirinya sendiri, itulah yang perlu di perhatikan.

Ada banyak kasus atau contoh yang dapat kita ambil sebagai pelajaran kita sebagai orang tua agar lebih berhati-hati dan ketat lagi dalam mengawasi buah hati kita. Misalnya, anak anda kok main layang-layang di jalan raya yang banyak kendaraan lewat, dan anda sendiri justru membiarkan dan tidak menegur dan memberi peringatan pada si anak, jelas itu sudah salah besar. Kalau ada hal-hal tang tidak di inginkan terjadi, maka anda sendiri bukan yang bukan yang menanggung??". Itu contoh kecil saja yang bisa anda jadikan pelajaran. Jangan sampai Anda menyesal karena lalai dalam menjaga buah hati Anda.

Kelalaian Anda atau lepasnya anak dari pengawasan orang tua, akan membuat si anak semakin keasikan dan bahkan terus asik melakukan hal-hal yang extrim, mereka asik dikarenakan tidak tahu resiko yang nanti di timbulkan. Maka, awasi anak anda dan arahkan atau beritahu si anak, agar tidak melakukan hal-hal yang membahayakan dirinya.

"Selain hal tersebut, sebagai orang tua juga harus tahu, permainan apa yang layak di berikan dan mainan apa yang tidak seharusnya di berikan pada anak anda, harus tahu jenis mainan yang berbahaya dan tidak berbahaya serta mainan yang cocok untuk anak di usian tersebut. Dalam hal ini penting sekali, karena sekarang ini ada banyak jenis mainan atau permainan di gadget yang dapat mempengaruhi otak si kecil, jadi ketika Anda memilih suatu mainan atau permainan di gadget, anda harus tahu jenis mainan/permainan apa yang baik dan bakan dapat membantu mencerdaskan otak si kecil.

Inget!

Anak adalah titipan yang kuasa yang sudah seharusnya di jaga dan di rawat sebaik mungkin. Karena anak kita itu adalah harta kita di dunia yang tidak ternilai harganya. Punya harta melimpah saja tidak cukup tanpa adanya buah hati.

Baca juga : 10 Mainan Sederhana Yang Dapat Melatih Kecerdasan Otak Bayi Anda.

Jumat, 21 April 2017

EGRANG Mainan Anak Jaman Dulu Yang Masih Axis Sampai Sekarang.

Permainan Anak Tempo Dulu


Mainan Anak Jaman Dulu memang asik-asik, walaupun tergolong tradisional, namun permainan yang banyak di lupakan anak-anak jaman sekarang itu, masih tetap axis didaerah tertentu. Salah satunya permainan egrang, apakah anda tahu egrang itu apa??".

Egrang meruakan salah satu permainan tradisional jaman dulu yang terbuat dari bambu. Bambu yang di diragit agar bisa di naiki telapak kaki itu menjadi salah satu permainan yang mengasikan pada tempo dulu. Di daerah saya sendiri mungkin egrang memang sudah sangat jarang sekali di mainkan oleh anak-anak, karena memang anak jaman sekarang lebih tertarik dan memilih bermain dengan gadget masing-masing.

Egrang Mainan Anak Jaman Dulu Yang Masih Axis


Egrang ini biasanya memang sering di gunakan oleh anak-anak untuk lomba balap. Lomba balap egrang ini adalah lomba yang paling asik, karena memang peserta harus bisa menjaga keseimbangan tubuh mereka masing-masing agar tetap bisa bertahan di atas egrang bambu tersebut dan tidak jatuh. Bukan hal yang mudah memang bagi mereka yang tidak bisa bermain egrang, pasalnya bermain egrang ini juga tidak semudah yang kita bayangkan. Kalau kita tidak bisa menjaga keseimbangan, maka kita akan terus jatuh.

Bagaimana cara membuat egrang??".

Membuat engrang itu mudah sekali, karena hanya dengan melihat gambar saja, anda sudah bisa membuatnya sendiri. Jadi, bukan hal yang sulit bagi kita ketika hendak membuat egrang untuk anak anda. Sehingga, tidak perlu saya jelaskan juga pasti anda sudah cukup tahu. Karena memang proses pembuatannya sangat mudah.

Catatan penting : Egrang merupakan permainan tradisional yang sangat di gemari oleh anak-anak tempo dulu, dan mungkin anak-anak jaman sekarang pun akan tertarik bila mereka tahu egrang. Hanya saja, bermain egrang ini juga butuh keahlian, sehingga bagi orang tua harus selalu mengawasi anak anda ketika bermain egrang. Karena egrang juga bisa membahayakan anak, jadi benar-benar butuh pengawasan serta keahlian dalam memainkannya.

Baca juga : Mainan Anak Yang Dapat Melatih Kecerdasan Otak Anak.

Jumat, 15 Juli 2016

Mainan Anak Yang Paling Populer Dan Paling Di Cari Di Kalangan Anak Muda

Mainan Anak yang paling populer dan Paling Di Cari di kalangan anak muda dan yang paling di cari, nah bagi anda yang mau menjual mainan pasti juga ada targetnya dong dan pasti juga tidak mau rugi terhadap mainan apa aja yang sangat di sukai oleh para remaja.

Nah ini saya mau memberi tahu kepada anda yang ingin menjual mainan anak yang memang itu sudah di cari cari oleh anak remaja maupun anak - anak.

A. Pengertian

1. Mainan anak yang mengasikan dan yang pasti seru deh hemm anak mana si yang tidak ingin mainan yang mengasikan dan seru
2. Mainan anak yang dapat melatih daya otak anak , karena orang tua akan membelikan mainan anak yang bermanfaat untuk mengasah otak anaknya.
3. Mainan anak yang aman dan nyaman karena mainan ini memang sudah pasti di cari oleh orang tua yang pengertian terhadap anaknya.
4. Mainan anak yang menantang karena anak laki - laki suka  biasanya sangat di sukai.
Mainan Anak Yang Paling Populer Dan Paling Di Cari Di Kalangan Anak Muda

Baca juga : Mainan yang dapat bermanfaat bagi perkembangan anak
B. CONTOH Mainan Anak Yang Paling Populer Dan Yang Paling Di Cari

1. Mainan Gangsing
Mainan yang mengasikan dan seru
2. Mainan Rubik
Mainan yang dapat mengasah daya otak anak
3. Mainan Mobil-Mobilan
Mainan yang aman dan nyaman bagi orang tua agar tidak kawatir, dan mengasikan dan seru.
4. Mainan Boneka
Mainan boneka sangat di sukai anak perempuan, yang sangat mengasikan untu di mainkan.
5. Mainan Yoyo
Mainan yang mengasikan, dan menantang terhadap trik - trik cara bermainnya, yang pastinya seru
Trima Kasih Atas Kunjungan Anda Semoga Bermanfat Bagi Anda