Mengenal Permainan Jaman Dulu Yang Terlupakan!

Diposkan oleh On 23.25.00

Di era modern ini, mungkin kita akan sangat sulit sekali menemukan dan melihat anak yang bermain dengan permainan tradisional seperti kelereng, congklak, ular tangga dan jenis Mainan Anak Jaman Dulu yang memang sudah punah di telan oleh kemajuan jaman atau teknologi sekarang ini. Anak sekarang ini lebih memilih duduk di depan komputer dan menghabiskan waktu mereka untuk bermain game online maupun game offline yang ada di aplikasi handphone mereka masing masing.

Mengenal Permainan Jaman Dulu Yang Terlupakan!
Sehingga, rasa sosislisasi anak sekarang ini sangat memprihatinkan. Karena mereka asik sendiri dengan gadget yang mereka punya dan bahkan seakan-akan telah tenggelam di dalam dunia game permainan yang mereka mainkan, ketika di di panggil pun mereka cenderung akan mengabaikan panggilan tersebut dan terus asik bermain. Ada banyak permainan jaman dulu yang terlupakan, yang mana sebenarnya permainan jaman dulu tersebut bisa menjadi bahan edukasi atau bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak tanpa harus ada resiko dari permainan yang di timbulkan. Seperti congklak, main ular tangga contohnya, dalam hal ini si anak akan dengan sendirinya mampu berhitung.

Secara tak langsung, permainan-permainan tersebut mampu mengajarkan beberapa ilmu pelajaran yang mungkin susah bagi si anak untuk menyerapnya di sekolah. Mainan tersebut juga akan merangsang kreatifitas, dan juga membangkitkan sifat sosialisasinya.

Dibandingkan dengan permainan atau mainan jaman sekarang yang serba digital, membuat siapa saja seolah pasif dengan dunia luar. Permainan yang ada di dalam gadget tersebut malah membuat anak tidak dapat mengembangkan kreatifitasnya, karena si anak hanya perlu mengikuti perintah yang ada. Masalah lain adalah sikap pasif yang ditimbulkan. Dan bahkan ada banyak jenis permainan di gadget yang justru mengajarkan anak untuk melakukan tindak kekerasan atau kejahatan. Sehingga, sebagai orang tua kita harus tahu permainan apa yang anak mainkan dan jangan perbolehkan anak untuk memainkan permainan yang merangsang otak anak untuk melakukan tindak kejahatan/kekerasan.

Oleh karena itu, ada baiknya anda memilih permainan anak untuk si buah hati Anda. Dan pilihlah mainan jaman dulu yang mana lebih aman dan ampuh mengajarkan anak berbagai macam hal, seperti mengenal warna, menghitung, mengenal bentu, menumbukan kreatifitas anak, menumbuhkan rasa sosialisasi dan lainnya. Bagaimana menurut Anda? Bukankah sudah seharusnya permainan tradisional yang termasuk budaya lokal ini dilestarikan dan diajari pada anak-anak sekarang?

Berikan pendapat Anda di Komentar!!

Obat Penyubur Kandungan
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »