Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Permainan Anak Tradisional Engklek

Apa kalian Masih ingat dengan permainan ini?...

Sunda Manda/ engklek
Pengertian
Sunda manda atau juga disebut engklek, teklek, ingkling, sundamanda / sundah-mandah, jlong jling, lempeng, atau dampu adalah permainan anak tradisional yang populer di Indonesia, khususnya di masyarakat pedesaan.

Pengalaman
Permainan ini sangat tidak lah asing lagi di dengar
Apakah kamu punya pengalaman saat bermain permainan ini ?...
Saat melemparkan winka ke dalam kotak kotak enklek pasti kamu pernah mengalami gagal dan kamu juga pernah jatuh saat melompat dengan kaki atu

Cara bermain nya
Peserta permainan ini melompat menggunakan satu kaki disetiap petak-petak yang telah digambar sebelumnya di tanah. Untuk dapat bermain, setiap anak harus berbekal gacuk yang biasanya berupa sebentuk pecahan genting, yang juga disebut kreweng, yang dalam permainan, kreweng ini ditempatkan di salah satu petak yang tergambar di tanah dengan cara dilempar, petak yang ada gacuknya tidak boleh diinjak / ditempati oleh setiap pemain, jadi para pemain harus melompat ke petak berikutnya dengan satu kaki mengelilingi petak-petak yang ada. Pemain yang telah menyelesaikan satu putaran terlebih dahulu, berhak memilih sebuah petak untuk dijadikan "sawah" mereka, yang artinya di petak tersebut pemain yang bersangkutan dapat menginjak petak itu dengan kedua kaki, sementara pemain lain tidak boleh menginjak petak itu selama permainan. Peserta yang memiliki kotak paling banyak adalah yang akan memenangkan permainan ini.

Mudah bukan sob

Artikel yang terkait
6 Mainan Anak Jaman Dulu Yang Masih Eksis Sampai Sekarang